Saturday 22 March 2014

10 Cara Efektif Mengatasi Hipotensi ( Tekanan Darah Rendah)




Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah seperti :
  • Berkurangnya kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh: Semakin banyak darah yang dipompa dari jantung setiap menitnya akan semakin menaikkan tekanan darah. Namun kemampuan jantung akan berkurang dalam menjalankan fungsinya untuk memompa darah (curah jantung) ke seluruh tubuh bila seseorang mempunyai kelainan jantung, misalnya oleh karena kerusakan atau kelainan fungsi otot jantung, irama jantung yang tidak normal, penyakit pada katup jantung, semua keadaan seperti ini dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah rendah.
  • Akibat jumlah atau volume darah yang berkurang, misalnya disebabkan adanya pendarahan hebat (seperti pada luka sobek, menstruasi yang berlebihan dan berkepanjangan atau abnormal), diare yang tidak secepatnya teratasi, berkeringat berlebihan dan buang air kecil berlebihan walaupun kurang minum.
  • Kapasitas pembuluh darah: misalnya terjadinya pelebaran pembuluh darah bisa menyebabkan terjadinya penurunan tekanan darah. Keadaan ini bisa terjadi umumnya sebagai akibat dari syok septic, terpapar panas, minum obat-obatan vasodiktor (misalnya nitrate, penghambat kalsium dan penghambat ACE) ataupun karena diare berat.

Berikut 10 Cara Mengatasi tekanan Darah Rendah (Hipotensi)


  1. Minum banyak air putih (8-10 gelas/hari) untuk mempertahankan volume darah dan menghindari dehidrasi. Hal ini sangat penting terutama saat melakukan aktivitas fisik atau saat cuaca lagi panas-panasnya. Kedaan ini bisa menyebabkan keluarnya keringat berlebih karena suhu tubuh meningkat, pembuluh darah merespon dengan cara melebarkan ukurannya sehingga terjadilah hipotensi. 
  2. Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup. Kurang tidur juga merupakan faktor penyebab hipotensi, khususnya hipotensi ortostatik. 
  3. Beberapa ahli merekomendasikan Untuk kaum perempuan disarankan memakai stoking karena membantu mengurangi akumulasi darah di tubuh bagian bawah yang terjadi akibat tiba-tiba berdiri. 
  4. Hindari begadang malam hari. Biasakan Anda tidur dalam waktu minimal enam jam sehari. Menggunakan bantal dengan posisi yang lebih tinggi di saat tidur dapat membantu mengurangi gaya gravitasi sehingga mencegah terlalu banyak darah meninggalkan kepala. Hal ini dapat membantu mengurangi pusing yang terasa di pagi hari saat bangun tidur. 
  5. Olahraga merupakan salah satu cara untuk mengatasi darah rendah yang paling saya rekomendasikan untuk anda. Karena dengan olahraga maka peredaran darah anda akan menjadi lancar, dan ini akan memperkecil resiko menderita tekanan darah rendah. Namun sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan, jangan sampai anda mengalami letih dan kecapek'an. 
  6. Mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung kadar garam Sebagian orang mengurangi asupan garam untuk menghindari darah tinggi. Hal ini tidak selalu benar. Bila anda kurang asupan garam malah dapat terkena hipotensi. Dalam kondisi hipotensi, kita harus meningkatkan asupan garam, namun tidak secara berlebihan. 
  7. Bangun dengan perlahan Bila anda sering merasa pusing ketika bangun tidur atau dari posisi duduk, maka cobalah untuk kembali lagi ke posisi awal dan tunggu beberapa saat sampai pusing tersebut terasa hilang. Bagi penderita hipotensi hal ini sering terjadi, untuk mengatasinya cobalah bangun atau bangkit dari posisi duduk / tidur secara perlahan. Hindarilah untuk bangkit secara tiba-tiba karena anda bisa merasa goyah dalam keseimbangan. 
  8. Konsumsi Makanan Bergizi dan Bernutrisi. Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, daging merah juga bagus untuk meningkatkan tekanan darah, pilih daging merah tanpa lemak yang dimasak dengan cara rebus atau panggang. 
  9. Suplemen Tambahan. Banyak wanita penderita hipotensi yang memiliki tingkat zat besi sangat rendah karena menstruasi yang sangat banyak. Mintalah nasihat spesialis bila membutuhkan suplemen penambah darah. 
  10. Hindari Mandi Air Panas. Mandi air panas memang memiliki efek relaksasi yang luar biasa, namun bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah sebaiknya membatasi hal ini. Alasan utamanya adalah madi air panas bisa membuat tekanan darah anda makin turun. Selain itu, hal ini juga bisa membuat anda merasa lemas, pusing, dan tidak bertenaga. 


Pencarian Terkait:
  • 10 Tips Mengatasi Tekanan darah rendah (Hipotensi)
  • Cara alami mengatasi Tekanan darah rendah (Hipotensi)
  • Cara mengobati Tekanan darah rendah (Hipotensi)
  • 3 Faktor Penyebab Tekanan darah rendah (Hipotensi)
  • 10 cara mengatasi Tekanan darah rendah (Hipotensi) 
  • 5 Makanan dan 5 Minuman Yang Baik untuk Mengatasi Hipotensi (tekanan darah rendah)

No comments:

Post a Comment

BERI KOMENTAR, SARAN, ATAU MASUKAN UNTUK BLOG INI