Sunday 23 March 2014

5 Makanan dan 5 Minuman yang Efektif Mengatasi Darah Rendah (Hipotensi)


 5 makanan yang efektif mengatasi darah rendah (Hipotensi)
  1. Kacang-kacangan. Penelitian di Harvard Heart Letter merekomendasikan untuk memakan kacang-kacangan, karena dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan. inilah yang dapat membuat tekanan darah anda naik. Jadi jangan lupa memasukkan buncis, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau ke daftar menu harian anda.

  2. Kentang & Kulit Kentang. Kulit Kentang, mungkin sebagian besar kita tidak memakan  kulit dari kentang dan mengupasnya untuk dibuang. Ternyata studi menemukan bahwa kulit kentang memiliki zat besi lima kali lebih besar dibanding daging kentangnya sendiri. Jadi sekarang coba yah makan kentang dengan kulitnya.
  3. Bayam. Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini sangat bermanfaat bagi mereka dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.
  4. Daging Ayam. Daging ayam mengandung protein hewani yang dipercaya bisa meningkatkan tekanan darah. Alasannya? Karena tubuh membutuhkan protein untuk membangun sel, termasuk sel dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah akan mempengaruhi aliran dan tekanan darah ke seluruh tubuh.
  5. Roti, Havermut, dan Sereal. Makanan ini memberikan 20 persen zat besi jika Anda mengonsumsinya setiap hari. Gandum membuat badan lebih sehat sehingga perlu dimasukan ke dalam daftar diet Anda. Gandum juga mempunyai banyak kandungan zat besi yang mengurangi risiko Anda terkena risiko tekanan darah rendah.



 5 minuman yang efektif mengatasi darah rendah (Hipotensi)

  1. Air mineral (8-10 gelas/hari) untuk mempertahankan volume darah dan menghindari  dehidrasi. Hal ini sangat penting terutama saat melakukan aktivitas fisik atau saat cuaca lagi panas-panasnya. Kedaan ini bisa menyebabkan keluarnya keringat berlebih karena suhu tubuh meningkat, pembuluh darah merespon dengan cara melebarkan ukurannya sehingga terjadilah hipotensi. 
  2. Kopi Menurut Dr. Santoso Karo Karo, SpJP, MPH (K) yang merupakan mantan ketua Yayasan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesi (PERKI) seperti dikutiip dari detikhealth, mengatakan bahwa tekanan darah rendah dapat dinaikkan dengan minum 1-2 gelas kopi perhari, tapi yang penting adalah jangan sampai berlebihan.
  3. Jus buah bit Jus bit mentah sangat membantu untuk tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah. Untuk hipotensi, minum secangkir jus bit dua kali dalam sehari selama sekitar satu minggu. Ini adalah satu lagi obat tradisional untuk mengatasi tekanan darah rendah.
  4. Jus Lemon Jus lemon sangat efektif untuk mengobati tekanan darah tinggi,  juga dapat digunakan untuk tekanan darah rendah, terutama bila disebabkan karena dehidrasi. Dalam kasus tersebut, Anda dapat minum jus lemon yang dicampur dengan sedikit garam dan gula. Ini akan membantu memberikan energi bagi tubuh Anda, dengan jalan merangsang fungsi hati dan membantu sistem pencernaan. Segelas jus tebu yang dicampur dengan satu sendok teh jus lemon dan garam juga bisa.
  5. Jus wortel Buatlah jus wortel segar, kemudian tambahkan dua sendok makan madu .Minum dua kali sehari ( pada waktu perut kosong di pagi hari dan di malam hari ). Hal ini juga akan sangat membantu untuk meningkatkan tekanan darah rendah Anda.




Pencarian Terkait:




3 comments:

  1. sangat menarik dan inspiratif sekali 5 makanan dan 5 minuman yang efektif untuknpenderita darah rendah agar kondisi tubuh stabil dan terjaga.
    Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  2. Sangat baik sekali caranya, dan harus di coba.. terima kasih sudah sharing untuk penulisnya. :) Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  3. Tubuh sehat dan bebas dari penyakit tentunya keinginan setiap orang, tetapi kita tidak sadar bahwa apa yang kita lakukan selama ini membuat tubuh menjadi banyak masalah. Artikel di atas cukup menarik dan bermanfaat, terima kasih sudah berbagi untuk penulisnya. Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete

BERI KOMENTAR, SARAN, ATAU MASUKAN UNTUK BLOG INI